Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > XL Axiata; Tingkatkan Kapasitas Jaringan Data

XL Axiata; Tingkatkan Kapasitas Jaringan Data

Hiburan | Senin, 24 Desember 2018 | 15:55 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
XL Axiata; Tingkatkan Kapasitas Jaringan Data

XL Axiata; Tingkatkan Kapasitas Jaringan Data

Pastikan layanan terjaga selama liburan Natal dan tahun baru

Surabaya, Kabarindo- Untuk memastikan jaringan benar-benar aman selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik.

Site-site tersebut antara lain di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung, di jalur tol trans Jawa serta di Pangandaran.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan kapasitas jaringan yang tersedia pada hari biasa sudah cukup besar dan akan bisa mengatasi potensi kenaikan trafik. Namun pihaknya ingin memastikan semua aman berapapun kenaikan trafik yang akan terjadi.

“Tim teknis kami di lapangan maupun dari fasilitas monitoring di XL Axiata Tower akan terus bersiaga, memantau dinamika trafik di semua lokasi layanan, termasuk di luar Jawa,” ujarnya.

Yessie menambahkan, salah satu yang menjadi perhatian tim XL Axiata adalah jaringan di sepanjang jalan tol Jawa dan luar Jawa. Menurutnya, keberadaan jalan tol yang baru dan semakin menghubungkan kota-kota utama di sepanjang Jawa akan mendorong warga untuk bepergian saat libur panjang. Perpindahan masyarakat dari satu kota ke kota lain akan semakin masif. Maka kebutuhan masyarakat dan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data juga akan berpotensi meningkat di semua area.

XL Axiata juga memberikan perhatian lebih pada area-area yang akan menjadi tujuan utama liburan akhir tahun, yaitu lokasi wisata dan pusat-pusat perbelanjaan. Setiap tahun selalu ada lokasi wisata baru yang tersebar di berbagai daerah. Penguatan sinyal sudah dilakukan di BTS-BTS yang meng-cover jalan tol di sepanjang Jawa. Bahkan untuk jalur tol trans Jawa, cakupan layanan 4G LTE sudah mencapai 98%.

Trafik layanan yang diprediksi akan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa adalah penggunaan layanan data. Layanan media sosial dan Instant Messaging seperti Whatsapp, Instagram dan Line termasuk didalamnya video streaming akan meningkat. Layanan penunjuk arah dan peta, seperti Waze dan Google Map akan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mencari jalur terbaik menuju kota atau lokasi tujuan.

Teknologi pengaturan jaringan yang diterapkan oleh XL Axiata antara lain mampu mengalihkan trafik penggunaan ke jalur yang lebih longgar. Dari pusat monitoring jaringan, XL Axiata juga bisa mendeteksi lokasi-lokasi yang mengalami kenaikan trafik, sehingga antisipasi penyediaan jaringan yang memadai akan bisa dilakukan sejak dini.

Merujuk pada tren tahun sebelumnya, trafik layanan khususnya layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan pada malam tahun baru dan liburan panjang. Area-area yang diperkirakan akan mengalami kenaikan trafik adalah area-area wisata dan pusat keramaian di kota besar, di antaranya di Carita, Bandung, Medan, Berastagi, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin dan Makasar.

Secara keseluruhan untuk periode Natal dan tahun baru kali ini, untuk trafik layanan percakapan diperkirakan akan relatif stabil/stagnan, kemudian layanan SMS meningkat sekitar 4%, sedangkan layanan data diperkirakan meningkat 15%-20%. Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform naik 15% dan puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp yang paling tinggi kenaikannya mencapai 70%.

Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 80% dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 422 kota/kabupaten di Indonesia.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER